Wisata Di Istana Maimun

Wisata Di Istana Maimun

Duniamalamdimedan.web.id – Sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia, Medan memiliki objek wisata yang menarik. Salah satunya adalah istana maimun. Untuk pelancong yang mengunjungi Istana Maimun, Anda dapat mengenakan pakaian tradisional Melayu dengan hiasan kepala yang disebut sunting.

Bagi orang Medan, tentu tidak asing lagi dengan objek wisata Istana Maimun. Istana ini berdiri sejak 26 agustus 1888. Gaya arsitektur bangunan istana ini merupakan gabungan antara melayu Arab dan Portugis.

Sejak pertama kali dibangun, Istana Maimun belum banyak mengalami proses renovasi. Bahkan 98 persen bangunannya merupakan bangunan asli.

Belum lama ini, MNC Travel beserta peserta Jelajah Wisata Budaya Sumatera Utara berkesempatan datang ke Medan dan berkunjung ke Istana Maimun. Peserta rombongan menikmati wisata Istana Maimun dengan cara yang berbeda.

Berlokasi di ruang utama bangunan istana, peserta jelajah wisata budaya berkumpul untuk menikmati persembahan budaya melayu di istana yang legendaris tersebut.

Peserta yang hadir, tak ketinggalan mencoba mengenakan pakaian tradisional melayu yang disediakan oleh pengurus istana. Setiap peserta bebas memilih motif dan warna yang ia suka. Selain menikmati suasana istana, peserta pun disuguhkan hiburan tari persembahan dari Sri Inra Ratu Istana Maimun.

Dalam acara jelajah wisata budaya kali ini, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Nurhajizah Marpaung menyempatkan hadir menemui peserta. Tak lupa, Nurhajizah Marpaung turut memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara kali ini.

“Wisata budaya, walaupun wisata alam sudah sangat menjanjikan. Menurut saya wisata budaya lebih menjanjikan jika kuta dapat berkoordinasi mengangkat budaya kita. Yang ada di Sumatera Utara enggak tahu lagi itungannya, Melayu aja mungkin ada 10, Bataknya ada delapan. Dari delapan itu masih terpecah-pecah. Jadi alangkah banyaknya dan saya nantinya akan bikin kaya di Malaysia, malam minggu ada tarian-tarian pergantian Batak Melayu Jawa dan lain sebagainya. Ini akan kita tampilkan di Kota Medan,” ujar Nurhajizah Marpaung, di Medan, beberapa waktu lalu.

Baca juga : TST Pak Haji Jalan Puri

Marketing Head mnc Travel Diana Ring menegaskan, pihaknya berkomitmen membantu pemerintah. Dalam hal ini mempromosikan kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia.

“Pastinya dengan adanya acara ini harapan ke depan berhasilnya kita untuk targetnya Kemenpar sendiri mendatangkan 17 wisatawan mancanegara ke Indonesia. Ini harapan kita sebagai MNC Travel sendiri, pastinya ingin mendukung pemerintahan untuk menggali potensi budaya yang ada di Indonesia,” ungkap Diana Ring.

Respon positif pun ditunjukkan dari salah satu peserta yang baru pertama kali mengikuti jelajah wisata budaya bersama MNC Travel dan ASPPI.

“Justru ini salah satu hal yang baru, karena wisata budaya ini sudah banyak ditinggalkan. Orang lebih memilih wisata alam. Untuk wisata budaya ini, tinggal lebih ditingkatkan lagi, dipromosikan lagi supaya budaya-budaya yang ada di Indonesia bisa lebih maju dan mendatangkan devisa,” kata Dani peserta asal Labuan Batu.

Acara jelajah wisata budaya Sumatera Utara ini ditutup dengan foto bersama peserta dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Nurhajizah Marpaung selaku Wakil Gubernur Sumatera Utara.

“Atas nama pemerintah Provinsi Sumatera Utara, saya mewakili bapak Gubernur, terima kasih kepada MNC Travel yang begitu bersemangat. Terima kasih banget ini apresiasi besar dari Provinsi Sumatera Utara dari pemerintah,” tutur Nurhajizah.

Related posts