Oleh-oleh Khas Medan Paling Populer

Oleh-oleh Khas Medan Paling Populer

Oleh-oleh Khas Medan Paling Populer – Beberapa artikel yang akan kami berikan adalah artikel yang kami rangkum dari sumber terpercaya, berikut ini beberapa artikel yang membahas mengenai oleh-oleh khas Medan yang paling populer.

Adalah wajib hukumnya mencicipi kuliner khas ketika kamu mengunjungi suatu kota. Sebab kuliner merupakan salah satu simbol keunikan daerah yang pasti bakal berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya.

Di Medan, beberapa kuliner khas yang dimilikinya juga cocok buat dijadikan oleh-oleh, lho. Kamu wajib borong banyak untuk stok di rumah dan dibagikan ke sanak saudara atau kawan-kawan dekat.

1. Durian

Memiliki bau yang menyengat dan berkulit tajam, buah durian memang sedikit ribet untuk dibawa keluar kota, terlebih kalau kamu menggunakan pesawat. Tapi, tenang. Toko-toko penjual durian asli Medan bakal membantu mengupaskan durian dari kulitnya dan dibungkus rapat sehingga mudah dibawa naik ke pesawat.

Harga durian Medan memang cukup menguras kantong. Namun, percayalah. Rasanya yang manis, legit, dan tebal daging buahnya adalah kenikmatan yang sepadan dengan kocek yang kamu keluarkan.

2. Sirup markisa

Medan memang bukan penghasil buah markisa. Tapi, buah yang banyak mengandung vitamin A dan C ini banyak dijual di Medan dalam bentuk sirup botolan. Sedangkan buah-buah markisa sebagai bahan baku sirup tersebut banyak didatangkan dari Brastagi.

Menghadirkan rasa manis dan kecut, sirup markisa tersedia dalam botol kaca maupun plastik dengan berbagai ukuran. Dihidangkan bersama es batu di cuaca yang panas, rasa sirup markisa ini pasti segar banget.

3. Bika ambon

Hayo, siapa yang masih mengira kalau bika ambon adalah penganan dari Ambon? Bukan ya, guys. Meskipun memakai kata “ambon”, kue yang identik dengan warna kuning emas dan berongga-rongga tersebut adalah camilan manis khas Medan. Konon, disebut bika ambon karena mulanya kue ini pertama kali dijual di sekitar Jalan Ambon.

Selain rasa original, bika ambon telah dimodifikasi menjadi beragam varian rasa, seperti cokelat, keju, dan durian. Salah satu merek bika ambon paling terkenal di Medan adalah Bika Ambon Zulaikha yang beralamat di Jl. Mojopahit No 70 A-C, Petisah Tengah.

Baca Juga:Surga Tersembunyi di Tanah Medan

4. Bolu gulung

Selain bika ambon, kue khas dari Medan lainnya adalah bolu gulung. Tekstur bolu gulung lebih lembut dan punya varian rasa yang lebih banyak, antara lain moka, nanas, stroberi, capuccino, kacang, cokelat, dan keju. Kamu bisa menikmati satu kotak bolu gulung dengan harga mulai dari Rp70 ribuan.

Di antara banyaknya brand bolu gulung Medan, bolu Meranti menjadi primadona hingga sekarang. Kamu bisa datang langsung ke toko pusatnya di Jl. Kruing simpang Razak No.7C, Medan yang buka mulai jam 07.00-20.00 WIB.

5. Teri medan

Buat penggemar ikan asin, jangan melewatkan membeli teri Medan. Teri ini sudah terkenal akan kualitasnya yang gurih dan sedap saat diolah menjadi berbagai jenis masakan. Ada beberapa macam teri Medan yang bisa kamu beli berdasarkan ukurannya. Untuk ukuran kecil-kecil disebut teri nasi, sedangkan ukuran agak besar disebut teri belah.

Selain bisa membeli ikan teri mentah, kamu bisa membeli olahan teri Medan yang siap disantap, seperti sambal goreng ikan teri atau teri Medan balado.

Related posts