Gedung London Sumatera

Gedung London Sumatera

Gedung London Sumatera – waktu berkunjung terbaik sebaiknya hari Sabtu dan Minggu karena hari lainnya Gedung London Sumatera penuh dengan kegiatan operasional kantor. Menjadi salah satu icon wisata yang ada di Kesawen, Medan.

Berlokasi di tengah kota, tepatnya di Jalan Ahmad Yani atau lebih akrab dikatakan Kesawan, Gedung London Sumatera ini berada di sebelah Lapangan Merdeka. Dolaners hanya perlu mengarahkan kendaraan menuju ke kawasan pusat kuliner Merdeka Walk, Lokasi Gedung London Sumatera berada tepat di depannya. Gedung London Sumatera atau biasa disebut gedung Lonsum selesai dibangun tahun 1906. Gedung ini dibangun oleh David Harrison, pemilik perkebunan karet Harrison & Crossfield company (H&C) yang berpusat kota London.

Baca Juga :
asia megamas china town di medan
4 kuliner malam di medan
llokasi psk di kota medan

Gedung Lonsum dibangun dengan Lima Lantai dan secara keseluruhan gedung ini berwarna putih. Bentuk Gedung Lonsum bergaya dan mirip rumah-rumah di London pada abad 18-19. Model arsitekturnya pun dipengaruhi gaya Eropa seperti yang terlihat pada bentuk jendela di sisi kiri dan sisi kanan. Sementara gaya arsitektur kolonial Belanda terlihat dari bentuk jendela panjang dan lebar plus tiang-tiang tangga besar di depan pintu masuk. Meskipun dibangun pada masa 90 an, fasilitas di gedung ini cukup mengagumkan.

gedung ini tercatat sebagi gedung pertama di medan yang menggunakan teknologi lift yang menjangkau lima lantai. Pada masa itu gedung Lonsum berfungsi sebagai kantor perdagangan dan perkebunan. Segera setelah Indonesia merdeka, kepemilikan Harrison & Crossfield company beralih ke tangan Indonesia.

Saat ini gedung London Sumatera masih digunakan sebagi gedung perkantoran Lonsum dan berganti nama menjadi PT. PP London Sumatera. Karena lokasinya yang stategis berada di pusat kota, taka jarang jika Gedung London sering didatangi para Dolaners yang pensaran dengan keberadaanya.

Related posts