Destinasi Wisata Gedung London Di Medan

Destinasi Wisata Gedung London Di Medan

Duniamalamdimedan.web.id – Kota Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah kota Jakarta dan Surabaya. Medan juga merupakan kota terbesar yang tedapat di luar Pulau Jawa. Menjadi bagian dari Pulau Sumatera yang terkenal tidak pernah ada habisnya untuk dibahas keberagamannya membuat kota Medan juga mempunyai banyak destinasi wisata yang beragam.

Mulai dari destinasi kebudayaan, peninggalan bersejarah, sampai tempat-tempat ibadah yang bersejarah. Medan pun memiliki penduduk yang beragam seperti orang Tionghoa, Jawa, Batak, bahkan India.

Medan selalu menawarkan destinasi destinasi wisata baru yang tidak pernah ada habisnya untuk dijelajahi. Selain itu, alam Sumatera yang mendukung menjadi daya pikat lain kota ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih dalam seluk-beluk dari wisata Gedung London Sumatera yang merupakan salah satu ikon Kota Medan.

Gedung London Sumatera

Situs-situs bersejarah di Medan memang tidak pernah ada habisnya. Banyak peninggalan kolonial Belanda di Kota Medan yang masih bertahan dan bahkan masih digunakan hingga kini. Gedung London Sumatera berlokasi di sekitaran Jl. Kesawan dan hingga kini masih digunakan sebagai gedung perkantoran di Kota Medan.

Gedung London Sumatera atau lebih familiar ditelinga masyarakat Kota Medan sebagai Gedung Losum ini selesai dibangun pada tahun 1906 yang bertepatan dengan lahirnya Ratu Juliana, Royal Dutch Family. Gedung London Sumatera ini dibangun oleh seorang pemilik perkebunan karet Hirrison & Crossfield (H&C) yang berpusat di Kota London yang bernama David Horrison.

Gedung ini merupakan gedung pertama di Kota Medan yang sudah menggunakan teknologi lift untuk menjangkau lima lantai dari Gedung London Sumatera Utara. Cukup memiliki fasilitas yang berteknologi tinggi pada masanya dengan bentuk lift gedung ini seperti sangkar besi yang memiliki motif bunga dengan ornamen art deco. Lift yang sudah digunakan mulai tahun 1910 hingga kini masih berfungsi dengan baik. Perawatan lift ini dilakukan oleh pengelola setiap hari Sabtu bahkan setidaknya satu tahun sekali gedung ini akan didatangi teknisi asal Inggris untuk mengecek kondisi lift ini.

Baca Juga : Beberapa Lokasi Wisata Malam di Medan

Pada masa kolonial Belanda, gedung ini digunakan sebagai kantor perdagangan dan perkebunan. Memiliki lima lantai keseluruhan gedung ini dicat warna putih kream dengan didesain oleh seorang arsitek yang mengusung gaya arsitektur ala rumah-rumah di Kota London pada sekitar abad 18 sampai dengan 19. Gedung yang dulu dikenal sebagai Gedung Juliana ini didominasi oleh gaya Eropa seperti bentuk jendela pada sisi kiri dan kanan Gedung London Sumatera ini.

Gedung yang memanjang ke atas ini memiliki bentuk jendela yang panjang dan lebar dan tiang-tiang tangga gedung yang kokoh terdapat di depan pintu masuk menjadi ciri khas bangunan kolonial Belanda yang terlihat sangat mencolok namun tetap cantik.

Setelah Indonesia meraih kemerdekaan, gedung yang semula milik Harisson & Crossfield Company ini beralih kepemilikan ke tangan Indonesia. Hingga saat ini gedung yang semula bernama Lonsum berganti nama menjadi PT PP London Sumatera. Dengan lokasi yang strategis di pusat Kota Medan berdiri kokoh dengan gedung-gedung lain yang tak kalah bersejarahnya dari Kota Medan antara lain seperti Kantor Pos Medan, Gedung Jakarta Lloyd, Bank Indonesia, dan banyak lagi gedung-gedung bersejarah.

Harga Tiket Masuk Gedung London

Destinasi wisata kaya sejarah ini terbilang destinasi yang murah karena para pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang untuk masuk alias gratis. Ya memang pemerintah Kota Medan mengratiskan alias tidak ada tiket masuk untuk bisa menikmati wisata London Sumatera. Para wisatawan hanya dikenai tarif parkir kendaraan jika membawa kendaraan pribadi. Namun, jika Anda menggunakan fasilitas transportasi umum atau ojek online Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk parkir.

Akses Gedung London Sumatera

Berlokasi di pusat kesibukan Kota Medan membuat wisata Gedung London Sumatera mudah untuk dicari. Untuk menuju kesana ada banyak alternatif transportasi seperti becak dayung, becak motor, mini bus Kota Medan, taxi, atau Anda bisa menggunakan transportasi online yang saat ini sangat digandrungi masyarakat.

Jika Anda berencana menginap di hotel disekitaran sekitar Gedung London Sumatera, Anda dapat meminta pihak hotel untuk mengantarkan Anda berkunjung ke Gedung London Sumatera ini. Gedung London Sumatera buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

Related posts