Beberapa Lokasi Wisata Malam di Medan

Beberapa Lokasi Wisata Malam di Medan

Duniamalamdimedan.web.id – Mengunjungi suatu daerah pastinya ingin juga menikmati semua nuansa yang disajikannya. Ketika mentari baru menampakkan diri hingga akhirnya tertidur pulas di penghujung malam rasanya tak ingin terlewatkan begitu saja tanpa pengalaman tertentu.

Berwisata memang sekarang tidak hanya bisa dinikmati kala siang hari saja, kala malam menjelangpun kini semakin banyak pilihan tempat wisata yang sengaja hadir untuk melengkapi pengalaman sebagai penutup hari.

Fenomena wisata malam memang sejatinya menarik karena nuansa malam yang dianggap lebih sejuk membuat banyak pelancong semakin bergeliat mencari spot terbaik. Pengembangan objek wisata malampun akhirnya mendorong para pelaku bisnis untuk berinovasi agar pecinta wisata malam semakin dimanjakan.

Ketika kalian berkunjung ke salah satu kota terbesar di Indonesia satu ini pun, kalian bisa menikmati kehidupan malam yang semarak. Kota Medan memang bisa dikatakan sebagai salah satu kota yang hampir 24 jam hidup dengan segala gemerlapnya.

Lantas apa dan dimana sajakah alternatif pilihan yang bisa kalian coba untuk menikmati Medan di waktu malam? Berikut ini artikel yang akan mengulas beberapa diantaranya.

1.Merdeka Walk

Sudah barang tentu Merdeka Walk masuk jajaran utama yang harus kalian pilih jika ingin beriwsata malam di Kota Medan. Meskipun terdengar mainstream, tetapi tetap saja sensasi menikmati pusat kota dengan suguhan makanan di jajaran cafe tepi jalan akan melengkapi pengalaman wisata di kota metropolitan tersebut.

Merdeka Walk berada tepat di pusat kota, bersebelahan dengan Lapangan Merdeka dan dekat juga dengan tugu titik nol Medan. Di kawasan berupa pedestrian memanjang ini terdapat jajaran kios dan cafe yang memang hanya buka saat malam hari saja. Meskipun berada di pinggir jalanan utama kota, tetapi suasananya tetap tidak terganggu dengan riuh kendaraan karena adanya border baik berupa pohon maupun pembatas masif. Kemilau lampu yang sengaja ditempatkan disepanjang jalanan serta berpadu pula dengan lampu-lampu dari gedung-gedung sekitar menjadikan suasana malam di Merdeka Walk semakin semarak dan seolah mentakbirkan diri bahwa Medan memang merupakan kota modern.

Deretan kios dan cafe yang ada di sepanjang Merdeka Walk terbilang cukup populer sehingga tak heran jika setiap malam selalu saja ramai kunjugan terutama kawula muda yang hendak nongkrong. Apalagi jika weekend, maka tumpah ruah pengunjung akan semakin banyak dan mungkin mmebuat kalian tidak kebagian lokasi atau mungkin merasa tidak nyaman lagi. Nmaun begitu, kalian tetap bisa memilih lokasi lain. Di sebrang lapangan Merdeka ada banyak lorong-lorong yang mana terdapat banyak gerobak makanan kaki lima. Dengan harga yang tentunya jauh lebih bersahabat, aneka pilihan menu apalagi yang khas seperti roti tisu bisa kalian nikmati.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Medan Yang Menarik Dan Indah

2. Rahmat Wildlife Museum and Gallery

Ke museum malam hari? Kedengarannya memang ganjil karena biasanya museum tutup menjelang malam. Tapi tidak dengan museum yang beralamat di Jalan S. Parman, Kota Medan ini karena terdapat pilihan kunjugan safari malam.

Sama seperti di siang hari, mengunjungi museum ini saat malam juga akan disuguhkan koleksi ribuan hewan liar awetan hasil buruan sang empunya museum, Bapak Rahmat Shah. Bedanya, efek cahaya yang akan ditambahkan akan membuat pengunjung seolah benar-benar bersafari di alam liar saat malam hari. Tambahan efek audio juga semakin mendukung atmosfir alam liar yang hendak ditampilkan.

Sebagai info, Rahmat Shah, pendiri gallery ini merupakan pemburu profesional. Bukan asal berburu untuk kepentingan ilegal, namun beliau memang dapat dikatakan sudah berlisensi dimana terdapat banyak aturan yang harus ditaati ketika berburu, seperti hanya boleh berburu hewan tua dan tidak berproduksi. Bahkan hewan buruan yang sudah didapatpun harus dikuliti ditempat agar dagingnya bisa dimakan hewan lain.

Memasuki museum ini, pengunjung akan diajak masuk keruang-ruang yang berisi diorama terbuka yang memamerkan hewan awetan. Di lantai pertama contohnya terdapat koleksi hewan-hewan kecil, srigala, reptil, beruang, dan banyak lainnya. Sedangkan di lantai dua terdapat koleksi spesies indonesia, afrika, serangga, dan lainnya.

3. Kuliner Pagaruyung

Tak bisa dilepaskan satu dan lainnya, wisata malam memang selalu identik dengan sedapnya mencicipi kuliner. Nah, selain di Merdeka Walk, terdapat satu lagi tempat terkenal untuk berwisata kuliner malam di Medan yaitu Pagaruyung.

Kuliner Pagaruyung, begitulah papan nama yang terpampang di depan Jalan Pagaruyng, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan. Kawasan yang merupakan wilayah Little India atau Kampung Keling ini menjadi surganya wisata kuliner malam karena berjajar warung tenda di sepanjang jalannya. Segala jenis makanan dijual di lokasi tersebut, namun yang paling populer ialah menu masakan khas India dan timur tengah seperti Martabak India, Roti Cane, Martabak Mesir, Nasi Briyani, Mie Keling, dan banyak lainnya. Namun jika kalian ingin yang bercita rasa indonesia juga tak perlu khawatir karena terdapat juga menu lokal seperti gado-gado, sate, nasi goreng, dan banyak lainnya.

4. Jalan Semarang

Belum mampu move on dari jajan makanan, nampaknya Medan memang menjadi surganya wisata kuliner. Ketika kalian berkesempatan ke Medan maka sempatkan pula menuju Jalan Semarang, bukan saat siang hari tetapi saat malam hari. Hal ini karena jika siang, jalan ini hanya seperti jalan umumnya yang dipenuhi ruko tiap sisinya, tetapi ketika malam maka ibarat berubah wujud, Jalan Semarang beralih menjadi jalanan sejuta cita rasa.

Peralihan wujud jalan Semarang mulai terjadi jam 5 sore setiap harinya dimana ketika toko-toko tutup, maka gerobak-gerobak makanan mulai datang dengan meja-kursi yang ditata sepanjang jalan. Jika di Pagaruyung nuansa kuliner India mendominasi, maka di jalan Semarang ini nuansa Tionghoa lebih kental seperti mulai riuhnya orang-orang berbahasa Mandarin yang akan kalian dengar.

Meskipun begitu, menu masakan yang disuguhkan tetap beragam. Tidak hanya jenis Chinese food seperti ifumie, ciongfan goreng, dan samcan goreng, terdapat pula menu lain seperti Nasi Lemak, Mie goreng, nasi goreng, dan banyak lainnya. Jangan heran pula ada menu-menu yang mungkin ekstrim dipandangan masyarakat Indonesia seperti Kodok goreng, siput, dan biawak.

5. Warkop Elisabeth

Jika kamu pecinta kopi dan suka nongkrong asyik di warung kopi, itu berarti kamu harus mencoba menikmati meriahnya Medan di Warkop Elisabeth. Tempat nongkrong satu ini sudah sangat terkenal seantero Medan, dikenal dengan nama Elisabeth karena lokasinya yang berada di depan RS Santa Elisabeth, Jalan H Misbah.

Warkop disini bukan dalam bentuk satu toko melainkan jajaran warkop di ruas jalan kecil. Meskipun buka 24 jm, namun warkop ini mulai ramai saat malam hari dimana berbagai kalangan akan datang untuk menikmati kopi dan menu-menu lainnya. Ya, sebagaimana warkop, di Warkop Elisabeth juga menyediakan menu lain seperti bandrek, teh, susu, dan menu makanan seperti mie goreng atau kuah dan satu menu makanan terkenal yang dinamai nasi perang. Nasi perang sebenarnya seperti nasi kucing yang biasanya hanya sebagai menu pembuka sebelum makan mie kuah atau goreng.

Related posts